Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaligrafi Surat Yasin Pintu Masjid Urban Afrika Selatan

Kring kring.... nada wa saya, dan ketika saya buka lo kok bahasa inggris,.... ternyata dari luar negeri... kami pun berkenalan lewat wa... kemudian disambung lagi lewat email. dan ternyata orang luar negeri ini, dari Afrika Selatan. kemudian menanyakan perihal Kaligrafi Ukiran Kayu. Ya saya jawab apa adanya.
kenalkan sy dari Alif Door Afrika Selatan, mau bertanya tentang kaligrafi, Apakah Kamu bisa membuat Kaligrafi seperti ini. (sambil mengirimkan gambar kaligrafinya)
sy jawab bisa. kemudian kami berkomunikasi lewat email, tawar menawar harga. sampai hampir 1 tahun lamanya. saya pun waktu itu kemudian melupakannya dan membiarkannya. karena sudah tidak dihubungi lagi lewat email.

Tiba tiba.... awal 2018 Sy dihubungi lagi dengan menanyakan hal yang sama. yaitu tentang pembuatan kaligrafi Surat Yasin.
kemudian ia memberi custom ukuran untuk meminta perincian harga dari kaligrafi. Lalu saya pun mengkalkulasi biaya produksi kaligrafi ukiran surat yasin ini.

1. ukuran pintu pertama 415x679 mm dan 800x679mm dikalikan 3
2. ukuran pintu kedua 415x672 mm dan 800x672mm dikalikan 3
2. ukuran pintu ketiga adalah 415x572 mm dan 800x572mm dikalikan 3

sy pun jadi bingung, loo satu surat yasin kok dipotong potong begini, Akhirnya sy pun mengajukan harga kembali dengan estimasi yang memungkinkan untuk dikerjakan.

setelah itu, sy pun menunggu lagi persetujuan. dan tepat bulan agustus sy pun dikontak dan disetjui harga sy. sy pun awalnya seperti biasa membuat kaligrafi dengan ketebalan 15 mm seperti pada umumnya. eh ternyata buyer minta ketebalan kayu 2 kalinya. Mateng saya..... akhirnya estimasi saya tidak bisa lagi diubah. ya sudahlah...sy kerjakan semampu saya.

Step pertama saya mengundang kaligrafer sy yang handal. Namun ketika membuat dan menulis kaligrafi Surah Yasin beliau meninggal dunia. Akhirnya saya pun tambah bingung lagi. saya harus mencari kaligrafer sy lagi yang kira kira kemampuannya menyamai beliau. sebulan tak berhasil. kaligrafer satu demi satu saya temui dak memungkinkan untuk mengerjakan. dan batas waktu sudah selesai 2 bulan. huft.... sementara buyer sy terus meminta hasilnya. dan saya belum bisa memberikan hasil apapun.

ku kontak temen temen yang bisa menulis kaligrafi dari luar kota. tapi mereka dak bisa memberikan jawaban kepastian. sy pun akhirnya mempercayakan karyawan sy dulu yang pernah bekerja dengan saya. Akan tetapi malah membuat kecewa. Hasil dak bagus.

Akan tetapi buyer sy sudah tidak sabar menunggu. akhirnya mengontak Desperindag wilayah dan lokal. Ditermuilah saya untuk mengkonfirmasi pekerjaan saya ini.

Saya bilang sy sudah mengerjakan. akan tetapi terdapat kendala. sy pun cerita panjang lebar kepadanya. dan saya minta untuk disampaikan kepada buyer bahwa pasti akan selesaikan. bersabarlah.

Perlu diketahui, bahwa membuat barang baru apalagi dibidang kaligrafi sangat membutuhkan ketelitian yang luar biasa. berikut adalah langkah penting yang perlu dilalui di bidang kaligrafi, yaitu:
1. menulis sketsa kaligrafi yang baru dibuat. langkah ini pun membutuhkan waktu yang benar benar longgar.
2. mentashih atau mengkoreksi hasil penulisan kaligrafi, apakah setiap huruf kaligrafi ada yang salah atau tidak. jika iya maka diulang atau dikoreksi lagi. kemudian ditashih lagi, dikoreksi lagi. jika sudah benar maka sudah masuk dalam tahap pengarsipan dan penggandaan desain kaligrafi.

3. Setelah sketsa jadi, maka pengukuran kayu dan persiapan kayu dimulai dengan mengontrol kayu agar benar benar kayu yang terbaik untuk media kaligrafi tersebut.

4. setelah mendapatkan kayu terbaik, maka kemudian menuju pertukangan. yaitu kayu dan desain disatukan kemudian di proses.

5. Proses setelah penempelan Kaligrafi pada kayu yaitu pembobokan. atau proses melubangi kaligrafi sesuai desain kaligrafi. kemudian setelah itu masuk proses selanjutnya.

6. Pengukiran, yaitu proses setelah terbentuk kaligrafi dengan bentuk yang kasar. pengukiran dilakukan untuk membentuk kaligrafi menjadi lebih halus dan sesuai kaidah kaligrafi tersebut.

7 Proses Finishing. Proses ini dilakukan untuk memfinishing pola kayu dan frame agar menjadi lebih bernilai kaligrafinya.

Setelah Proses Selesai, Karima Kaligrafi memesan Packing Kardus untuk dibungkus dan kemudian dikirim. Terrnyata kami disuruh untuk mengirim di koleganya di Binjai, Sumatra Utara.
kami pun akhirnya membungkus setiap kaligrafi Yasin menjadi 6 box. dan setiap 1 boxnya terdiri dari 3 kaligrafi. Dan kami kirim dengan ekspedisi PAhala Ekspres dari jepara menuju Binjai. Semoga selamat sampai tujuan.

Posting Komentar untuk "Kaligrafi Surat Yasin Pintu Masjid Urban Afrika Selatan"