Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaligrafi Yasin Full Pintu Masjid Afrika Selatan

Karima Kaligrafi selama proses pembuatan ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Mulai proses desain yasin. sampai pengukiran. berikut adalah hasil dari pekerjaan Karima Kaligrafi:
Dimulai dengan Bismillah dan dimulai dari Ayat yang pertama sampai dengan ayat ke 6 pertengahan, yaitu diakhiri dengan litundiro. Kemudian panel kedua adalah :
Panel kedua di pintu yang pertama ini adalah dimulai dari ayat ke 6 dari Abauhum.... sampai dengan ayat ke 11 yang awal, yaitu diakhiri di Manittaba'addzikro..... Kemudian baru masuk ke pintu ke 2 di panel yang ke 3.
Panel ke 3 ini dimulai dari ayat ke 11 yang berbunyi wakhosyiya....dan berhenti di ayat ke 13 yang berbunyi Ashhaba yang nanti dilanjutkan ke panel ke 4 dengan dimulai dengan lafadz qoryah.
Panel ke 4 ini dimulai dengan qoryah sampai dengan ayat ke 17. yaitu mubiin. Masuk ke panel ke 5 mulai ayat ke 18.
ayat ke 18 memulai panel yang diukir kaligrafi ini sampai pada ayat ke 20 yang berhenti di almadinati. kemudian dilanjutkan pada panel 6 berikutnya di pintu ke 3 ini dengan lafadz rojuluyyas'a.
Panel 6 ini melanjutkan dari panel ke 5 yang menjadi pintu ke 3. Kaligrafi Yasin yang dimulai dari pintu ini dimulai dari ayat ke 20 sampai dengan ayat ke 24.
Panel ke 7 ini kaligrafinya dimulai dari ayat 25 sampai dengan ayat 28 di lafadh yang berhenti di qoimihi min ba'dihi....
kemudian diteruskan di panel ke 8, kaligrafi surat yasin ayat ke 28 ini sampai ke ayat ke 33 yang berhenti di lafadz waakhrojna....
panel ke 9 ini melanjutkan ayat ke 33 sampai dengan ayat ke 35. Kaligrafi Surat yasin ini diukir dengan berlubang lubang seperti pada gambar tersebut. Hal ini untuk pintu agar mendapatkan angin angin yang masuk.
Panel ke 10 ini  adalah pintu ke 5 yang dimulai kaligrafi surat yasin ayat ke 36 sampai dengan ayat ke 40 di lafadz wakullu fi falaki..... yasbahun masuk ke panel 11.
Panel ke 11 ini melanjutkan ayat ke 40 sampai ke ayat ke 44.
panel ke 12 ini melanjutkan Kaligrafi Surat yasin ayat ke 45 sampai dengan ayat ke 48.
Panel ke 13 dimulai dari ayat ke 49 sampai dengan ayat ke 52.
panel ke 14 ini dimulai dari al mursalun. kemudian sampai pada ayat 62. dan kemudian seperti inilah bentuk dari pintu masjid Afrika selatan dari kaligrafi yasin ini.
dimulai dari panel ke 15 sampai dengan panel ke 18. dari ayat ke 63 sampai pada yang yang terakhir surat yasin yaitu ayat ke 83.

Posting Komentar untuk "Kaligrafi Yasin Full Pintu Masjid Afrika Selatan"