Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaligrafi Surat Yasin Full Ukiran

Banyak sekali dalil yang menyatakan bahwa beramal dengan membaca surat yasin.... apalagi dikhususkan kepada orang yang sudah meninggal.
Dalam kitab Hadits Arbain Nawawi, di bagian mukoddimah menjelaskan bahwa kita dibolehkan beramal dengan hadis dhoif. Keutamaan beramal dengan dan amal amal kebaikan lainnya sudah sepakat bahwa para ulama memperbolehkan. (lihat kitab hadits Arbain Nawawi, bagian Mukoddimah).

Naik lagi ketingkat hadist shohih, bahwa terdapat dalam hadits yang menyatakan: “Yaasiin lima quriat-lahu”, maknanya yaitu surah Yaasiin dibaca sesuai dengan niat para pembacanya. Yaasiin bisa dijadikan amal ibadah untuk mengharap ridlo Allah, mengharap Rezeki dari Allah, mengharap kesembuhan, dan segala hajat yang ingin dicapainya dari si Pembaca Surat Yaasiin.

Di Indonesia, mayoritas umat islam sudah mejadikan bacaan surat yaasiin untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. dengan diiringi tahlil dan doa.

sekarang ini, banyak yang memperolok olok bahkan menyalahkan amaliah surat yasin. Apakah surat yasin itu tidak bagian dari Alquran?? tentu saja Alquran... lalu kenapa kalian memperolok/mengejek amaliyah surat yasin? itu sama saja kalian mengejek alQuran. jadi mari membaca surat yasin....

Amaliyah membaca surah Yaasiiin menjadi tradisi islam nusantara. Amaliyah ini dilakukan ketika keluarganya sedang sakit, sedang kesusahan, sedang kematian dan lain sebagainya. Pembacaan Surah Yaasiiin ini sesuai kebutuhan hajat masing masing.

Lalu bagaimana cara membaca surat yasin, tentu yang pertama adalah dengan belajar membaca surat yasin dengan talaqqi musafahah. yaitu membaca surat yasin dengan makhorijul huruf yang benar. setelah itu dibaca berulang-ulang. jika bersama tahlilan maka bisa dibaca 1x atau 3x. Sedangkan jika ada hajat lain, bisa dibaca 7x atau di bagian ayat tertentu di dalam surat yasin dibaca berulang-ulang agar hajatnya terkabul. Terkabulnya doa adalah salah satu bagian misteri yang semua orang tidak tahu. Bisa jadi orang yang ikut membaca doa/surat yasin bersama kita yang terkabul. maka pembacaan surat yasin lebih baik secara berjamaah. Syukur syukur dengan para yatim piatu yang nyantri di pondok pesantren.

Dalil hadits yang diriwayatkan oleh al Imam An-Nasa'i sumbernya dari Ma'qol bin Yasar al Muzan menyatakan bahwa Rasulullaah Shallallaahu Alaihi Wasallam bersabda:

اقْرَؤُا يس عِنْدَ مَوْتَاكُمْ

“Bacakanlah surah Yaasiiin ketika keluargamu sedang mengalami ajalnya”.

Hadits ini berlaku untuk orang masih hidup untuk atau yang sudah meninggal dunia. Kita boleh membacakan surah Yaasiiin untuknya. Hadits dalil surah Yaasiiin ini sudah dijelaskan detail di kitab Kasyiifatus as-Syubhat, hlm: 263.

Di Kitab lain, yaitu Kitab Tafsir lil Hamammy pada halaman 2, menyebutkan bahwa ketika terdapat seseorang (baik muslim laki-laki maupun muslim perempuan) sedang dekat dengan ajalnya dan dibacakan surah Yaasiiin maka turunlah malaikat 10 rahmat surat Yaasiin yang juga membacakan sholawat dan ampunan kepada orang yang mendekati kematiannya. Sampai pada pemakaman orang yang baru saja meninggal tersebut.

Kitab dari Audhaul Ma’ani, hlm. 376, juga menyatakan bahwa Surat Yasin baik yang dibacakan adalah masih hidup atau sudah meninggal bisa sebagai bekal nanti ia diakhirat. Inilah keistimewaan Surat Yaasiiin. Apalagi Anda hafal surat Yaasiiin.

Atas dasar itulah, kami membuat Kaligrafi Surat Yasin Full Ukiran lengkap satu surat dalam satu bingkai. ukuran standar adalah 180x100 cm. Seperti pada gambar tersebut. kaligrafi ini dapat digunakan sebagai hiasan dinding atau sebagai pengingat orang yang sudah lupa akan surat Yaasiiin. Minimalnya ingat kalo kedua orangtuanya perlu dibacakan surat Yaasiiin.

perlu kami ingatkan bahwa tinggalkan perdebatan yang tidak perlu, cukup yakin saja bahwa surat yasin punya banyak manfaat. bagi yang tidak yakin, dak masalah. Yang penting tidak mengganggu yang lain yang suka Yasinan.

Posting Komentar untuk "Kaligrafi Surat Yasin Full Ukiran"