Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngukir Bareng Capres Ganjar Pranowo di UKM Ukiran Gebyok Jepara

 Warga Jepara sudah biasa mengukir kayu. Namun, kesempatan untuk bekerja sama dengan calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo adalah kesempatan yang luar biasa. 


Ya, pada hari Selasa, 2 Januari 2024, politikus berambut putih itu mampir ke UKM ukiran gebyok di Desa Blimbingrejo, Kecamatan Nalumsari, Jepara. Untuk menyerap aspirasi, ia menyapa dan berbicara dengan para pengukir. 

Warga setempat menyambut Ganjar dengan hangat ketika dia tiba. Orang-orang berdiri di jalan menuju lokasi. 

Setelah itu, mantan gubernur Jawa Tengah itu langsung melihat para pengukir mengerjakan pekerjaan mereka. Bahkan, Ganjar membaur sambil mengukir bunga dengan tatah dan palu. 


Ahmad Nurdinsyah, seorang pengukir gebyok, akan selalu mengingat suasana itu. Saat itu, ia memiliki kesempatan untuk berbicara dan mengajar Ganjar mengukir. Dia mengatakan, "Alhamdulillah rasanya senang sekali bisa mengukir bersama Pak Ganjar." Begitu menyambutnya, Udin berkata, "Orangnya ramah, baik, dan humoris." 

Udin menyatakan bahwa Gandar meminta instruksi tentang teknik mengukir. Selanjutnya, Ganjar menerapkan teorinya yang dia pelajari secara langsung saat mengukir motif bunga pada gebyok. Dia menjelaskan, "Iya ini motif bunga dan ini bagian dari gebyok." 

Udin berharap Ganjar, sebagai pengrajin ukiran, dapat membantu para perajin ukir Jepara. utamanya, memberikan kemudahan untuk mendapatkan modal. "Harapannya ada kemudahan akses permodalan buat pengusaha ukir," katanya. 

Untuk saat ini, Ganjar Pranowo menyatakan bahwa ukiran Jepara tetap menjadi yang terbaik di dunia. Meskipun banyak ukiran dibuat di sana, bahkan di negara lain, Jepara masih belum bisa menyaingi mereka. 

Alhamdulillah, Jepara masih menjadi idola dalam hal ukir, khususnya gebyok. Mereka sudah mahir dalam penjualan melalui media sosial. Menurutnya, hanya tinggal bagimana akses permodalannya dipermudah. 

Capres, yang berbicara bersama Mahfud MD, berkata, "Rasa-rasanya perlu ada sekolah vokasi dan Jepara menjadi pusat ukir."

Posting Komentar untuk "Ngukir Bareng Capres Ganjar Pranowo di UKM Ukiran Gebyok Jepara"