Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembuatan Kaligrafi Surat Al Fatihah Raksasa

Beberapa tahun lalu, Karima Kaligrafi mendapatkan PO atau pre order pembuatan Kaligrafi Surat Alfatihah. Desainnya sederhana, namun ukurannya yang luar biasa. Berikut adalah desain kaligrafi alfatihahnya:

Kaligrafi ini sebenarnya akan dipasang di masjid besar. Sehingga ukuran yang diminta adalah ukuran sesuai dinding masjid yang sudah diukurnya oleh takmir masjid. yaitu ukuran 300x150cm.

Akhirnya kami mendesain ulang kaligrafi Fatihah ini dan kemudian dibuatkan sketsa sesuai ukuran baru. Tukang kayu kami tugasi untuk membuat papan kaligrafinya. Namun desain ini kami buat menjadi 3 potongan, dimana setiap potong berukuran 100 cm. Jadi papan yang dibuatkan juga berukuran yang sudah kami.

Setelah jadi papan yang sudah disambung, kemudian sketsa kaligrafi kami pasang dengan memberikan lem ke papan tersebut sehingga menempel. dan kemudian kami serahkan kepada tukang bobok. Tukang bobok ini adalah tukang untuk melubangi dan menggergaji sesuai desain kaligrafi. sehingga nanti yang tidak ikut khat kaligrafi akan dibuang. karena berlubang sehingga kaligrafi seperti ini juga dinamakan kaligrafi krawangan.

Setelah di lubangi oleh tukang bobok, kami serahkan tugas selanjutnya ke Tukang ukir.


Tukang ukir ini mengukir sesui khat yang sudah kami pasang. Tukang ukir kami waktu ada yang sakit dan ada yang pulang ke rumah dikarenakan ada hajatan. sehingga kami serahkan ke tukang ukir handal. Ukiran sebesar itu kami serahkan ke tukang ukir 1 orang saja.
Selama proses pengukiran ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu. dan kemudian selesai pengukiran kami proses frame dan pemasangan kaligrafi agar knok down bisa tepat saat pemasangannya. 
setelah selesai proses pembuatan patri atau nat atau kunci untuk mengunci potongan kaligrafi ini, kami siapkan pengiriman. pengiriman ini menuju kota Tangerang. 

Setelah kami kirim ke tempat tujuan, Kami pun menuliskan penafsiran dari surat Alfatihah hanya satu ayat saja. yaitu:
(إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ)
- Ayat ini menjelaskan bahwa ibadah hanya kepada Allah, beribadah kepada selain Allah adalah syirik. tidak diterima ibadahnya, karena ia sudah keluar dari agama Alloh.
- Ibadah dalam ayat ini maknanya puncak ketundukan (غاية التذلل), bukan sekedar taat, menyeru, tawassul, istighotsah, Tabarruk, khouf atau roja'.
- Wahhabi tidak memahami makna ibadah, sehingga mereka menganggap orang yang taat kepada selain Allah telah syirik, orang yang istighotsah dengan Nabi atau wali telah dianggapnya syirik, orang berharap dan takut kepada selain Allooh juga dianggapnya syirik. Tuduhan ini karena kebodohan mereka terhadap makna ibadah yang salah tersebut.
- Isti'anah (meminta tolong) dalam ayat ini adalah isti'anah khoshshoh (minta tolong yang khusus) seperti meminta taufiq dan hidayah. Isti'anah sprti ini yang hanya boleh ditujukan kepada Allah tidak pada selain-Nya. Adapun minta tolong yang biasa, maka boleh ditujukan pada manusia, seperti minta tolong dihutangi uang, minta tolong dibawakan tas dan sebagainya.
- Ketika seorang mukmin meminta tolong kepada seorang mukmin yangg lain, dia berkeyakinan bahwa Alloh adalah pencipta pertolongan, sedangkan manusia adalah sebab dari pertolongan Allah.

Allah berfirman:

(وَتَعَاوَنُوا- عَلَى الْبِرِّ- وَالتَّقْوَىٰ ۖ ِ)
[Surat Al-Ma'idah 2]

"Tolong menolong-lah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan"

Rasulullooh shollalloohu alayhi wasallam bersabda :

(وَاللَّهُ- فِي- عَوْنِ- الْعَبْدِ- مَا كَانَ- الْعَبْدُ- فِي -عَوْنِ أَخِيهِ)

maknanya: "Allah menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya".

Inilah penafsiran dari ayat tersebut. Untuk Anda yang ingin dibuatkan kaligrafi dengan desain sendiri, bisa hubungi kami.

Namun setelah sampai, Pihak buyer menginginkan untuk mengetahui tafsir satu ayat lagi.
yaitu tafsirnya Surat al Fatihah pada Ayat ke 7.

(صِرَاط- الَّذِين- أَنْعَمْت- عَلَيْهِم- غَيْر- الْمَغْضُوب- عَلَيْهِم- وَلَا- الضَّالِّينَ)
[Surat Al-Fatihah 7]

Islam adalah jalan bagi orang-orang yang Allooh beri nikmat yaitu para nabi dan orang-orang sholih. Orang-orang Islam adalah orang-orang yang dicintai oleh Allooh, karena nikmat Islam tidak diberikan selain pada orang yang dicintai Allooh.

Rasulullah shallallahu alayhi wasallam bersabda :

ان- الله- يعطي- المال- لمن- يحب- ولمن- لا يحب- ولا- يعطي- الايمان- الا- لمن- يحب
Maknya: "Sesungguhnya Allooh memberi harta pada orang yang Allooh cintai dan yang tidak Allooh cintai dan Allooh tidak memberi nikmat ke-iman-an kecauali pada orang yang Ia cintai"

Islam dan iman adalah nikmat teragung yang Allooh berikan kepada manusia.

من- اعطي- الايمان- ولم- يعط -الدنيا- فكأنما- ما منع- شيئا
و من- اعطي- الدنيا- ولم- يعط- الايمان- فكأنما- ما اعطي- شيئا
Artinya: "Barangsiapa diberi iman dan tidak diberi dunia seakan-akan telah diberi segala-galanya dan barang siapa di diberi dunia dan tidak diberi keimanan maka seakan-akan dia tidak diberi apa-apa"

Al Maghdlubi alaihim (orang-orang yang dimurkai Allah) adalah orang-orang Yahudi dan adl Dlollin (orang-orang yang sesat) adalah orang-orang Nashrani.

Posting Komentar untuk "Pembuatan Kaligrafi Surat Al Fatihah Raksasa"