Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kita tidak tahu kapan dan di mana kita meninggal

Misteri Kematian : Kita tidak tahu kapan dan di mana kita meninggal

Dikisahkan bahwa suatu hari malaikat maut datang ke istana Nabi Sulaiman dalam wujud seorang manusia. Saat itu Nabi Sulaiman sedang berbincang dengan sahabatnya. Begitu datang, malaikat maut langsung menatap lama dan tajam kepada seorang sahabat Nabi Sulaiman, kemudian malaikat mautpun keluar. Sahabat Nabi Sulaiman bertanya dengan nada ketakutan kepada Nabi Sulaiman,

“Wahai Nabiyyallooh, siapakah gerangan laki-laki itu?”


Nabi Sulaiman-pun menjawab,
“Sesungguhnya dia adalah malaikat maut.”

Melihat malaikat maut memandangnya begitu lama dan lekat, laki-laki itu merasa takut bahwa nyawanya akan dicabut. Iapun memohon kepada Nabi Sulaiman agar memerintahkan angin untuk membawanya ke negeri India. Dengan harapan agar malaikat kehilangan jejak dan tidak bisa menemukan keberadaannya di sana.

Maka Nabi Sulaiman pun memerintahkan angin agar membawa laki-laki itu ke negeri India pada saat itu juga. Sesampainya di negeri India, malaikat mautpun mencabut nyawanya. Setelah itu malaikat maut kembali lagi kepada Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaimanpun bertanya kepadanya
"Apa sebabnya Engkau memandang lama terhadap sahabatku tadi?"

Malaikat Izroil pun menjawab:
"Aku hanya merasa heran saja, karena sesungguhnya aku ini diperintahkan untuk mengambil nyawanya di negeri India, akan tetapi dia masih berada disini, di samping anda. Hal itu sangat jauh dari India. Dan ternyata sahabatmu tadi dibawa oleh angin hingga sampai di sana bertepatan dengan waktu ajalnya tiba, sebagaimana yang telah Allooh tentukan. Sehingga aku-pun dapat mengambil nyawanya di sana sesuai dengan waktunya."

[Dikutip dari _Tafsir an-Nasafi_]

Posting Komentar untuk "Kita tidak tahu kapan dan di mana kita meninggal"